Beranda > Aktual > Makin asik Browsing dengan NVIDIA ® Tegra ™ 2

Makin asik Browsing dengan NVIDIA ® Tegra ™ 2

Nvidia Tegra 2

Tahun 2011 ini sepertinya menjadi ajang unjuk kebolehan vendor-vendor besar kartu grafis untuk mengeluarkan produk teranyar mereka. Tidak terkecuali Nvidia, setelah di isukan dengan munculnya Kepler dan Maxwell untuk kalangan pengguna dekstop, kali ini Nvidia melebarkan jangkauannya ke dunia mobile. Pernah kenal Nvidia Optimus? yaitu sistem grafis canggih yang dikhusukan pada notebook. Kali ini lebih canggih lagi, Nvidia memperkenalkan Tegra 2, yaitu chip mobile untuk perangkat mobile seperti smartphone, asisten pribadi digital dan perangkat mobile internet. Dimana teknologi ini mengintegrasikan prosesor arsitektur ARM CPU, GPU, Northbridge, Southbridge dan kontroler memori ke dalam satu paket. Keseluruhan seri tersebut memerlukan konsumsi daya rendah dan menghasilkan kinerja tinggi untuk memutar video dan audio.

Nama Tegra sebenarnya tidak langsung muncul begitu saja.  Nvidia sejak tahun 2008 sudah memperkenalkan Tegra dengan tipe APX disusul dengan Tegra 6xx. Lalu dimana bedanya dengan Tegra 2 ini? Bedanya cukup signifikan, yaitu chip grafis super cepat dengan CPU dual core pertama (1 Ghz@Core) dan GPU dengan 8 core plus dukungan Open GL.  Dalam waktu singkat teknologi Tegra 2 ini sepertinya sudah mengambil hati vendor² mobile besar dunia.  Tidak lama sesudah di rilis, mulai bermunculan produk² yang menyertainya.  Sebut saja LG Optimus star sebagai satu-satunya ponsel Android pertama yang memakai Tegra 2. Lihat reviewnya di youtube ini.

Dapat dipastikan kemampuan perangkat mobile yang mengusung teknologi ini memberikan pengalaman multitasking yang berbeda bagi pengguna. Selain itu kegiatan browsing semakin nyaman karena selain cepat, tampilannya pun lebih berwarna dengan dukungan akselerasi flash. Tidak hanya itu, saat bermain game 3D di perangkat mobile Tegra 2, Nvidia memberikan sistem ULP (Ultra low Power)  yaitu daya rendah saat bermain.  Hal ini tidak heran karena Tegra 2 diproduksi dengan Fabrikasi 40nm.  Dimana semakin kecil teknologi chipnya semakin irit daya listrik yang digunakan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s