Beranda > Tutorial > Voltage Tweak Modification on GTX 470

Voltage Tweak Modification on GTX 470

Seperti kita ketahui, kartu grafis GTX 470 dapat ditingkatkan kemampuan performanya melalui modifikasi tegangan pada GPU (dikenal dengan Voltage Tweak Modification, VTM). Hanya beberapa brand vga saja yang mampu melakukan voltage tweak secara langsung dari software bawaannya. Namun bagaimana untuk brand lainnya? padahal sudah secara jelas dan nyata GTX 470 dapat melakukan hal tersebut. Ok, pada review kali ini saya akan melalukan percobaan bagaimana meng-overclock GTX 470 melalui voltage tweak mod. agar mampu meningkatkan performa aslinya.
Program yang digunakan: GPU Z 0.4.2 versi terakhir (memiliki sensor GPU voltage, minimal), After burner 1.5.1, Nvidia Inspector 1.7, dan Furmark 1.8.0
Langkah 1:
Tingkatkan nilai voltage GPU menjadi 1,087 V menggunakan Nvidia Inspector 1.7. Tidak usah khawatir dengan peningkatan ini, karena GTX 470 sudah mampu menghandle nilai voltage tersebut.

Tingkatkan Shader memory secara perlahan dengan kenaikan 20MHz. Peningkatan Shader memory ini akan meningkatkan jumlah pengolahan pixel dan texture suatu image agar menghasilkan image yang lebih halus.

Tingkatkan Clock Memory perlahan dengan kenaikan 20 MHz. Peningkatan Clock memory ini tentunya akan meningkatkan bandwidth yang akan diolah suatu GPU, berakibat pada peningkatan nilai fps.

Langkah ke 2:
Setelah dilakukan peningkatan shader dan memory, tes dengan MSI kombuster jalankan selama 1 menit, perhatikan seksama, bila tidak terlihat artefak (titik,garis, atau polygon aneh) maka GTX 470 Anda masih memiliki potensi untuk ditingkatkan lagi. Lanjutkan hingga terlihat artefak pertama kali untuk pertama kalinya. Bila sudah terlihat dengan jelas dan berulang-ulang turunkan nilai shader dan memory sebesar (-40MHz). Apakah nilai terakhir yang saya dapatkan merupakan nilai optimal? Belum tentu, karena pada beberapa kasus akan muncul artefak setelah kartu grafis dijalankan pada beberapa lama. Bagaimana cara mengujinya? Tes pembebanan dengan furmark 1.8.0, jalankan selama 20 menit. Bila tidak lolos tes berarti nilai shader dan memory yang didapatkan masih terlalu tinggi, turunkan sebesar (-20MHz). Lakukan tes ulang furmark 1.8.0, bila lolos dan tidak ada masalah berarti nilai clock dan memory yang Anda gunakan merupakan nilai optimal.

Melalui beberapa kali percobaan di dapatkan angka optimal untuk meng-overclock GTX 470,

Ribet dan memakan waktu lama bukan? Selain bekal ilmu yang cukup ternyata pekerjaan ini menuntut keuletan calon Overclocker sejati. Bagaimana dengan Anda, tertarik untuk mencoba?
Catatan: Penulis secara pribadi tidak bertanggung jawab atas risiko yang ditimbulkan atas kerusakan pada kartu grafis Anda. Baik kerusakan fisik maupun kerusakan lainnya yang ditimbulkan dari modifikasi ini, seperi artefak, system tidak stabil, dsb. Faktor keberuntungan dan kekuatan mental dibutuhkan di sini.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s