Beranda > Aktual > NVIDIA KEPLER

NVIDIA KEPLER

Lagi-lagi Nvidia Membuat kejutan untuk tahun depan (2011).  Disaat ATi sedang berkonsen untuk memproduksi Radeon 6 series.  Barisan GPU Nvidia terbaru dengan kode “Kepler” akan semakin meramaikan pertarungan kartu grafis antara ATi dengan NVIDIA. Tidak diketahui apakah “Kepler” ini digunakan sebagai rival Radeon 6 series.  Namun Bila dilihat dari fabrikasi yang digunakan jelas-jelas berbeda.  Radeon 6 series masih menggunakan 40nm sedang Kepler jauh semakin mengecil , yakni 28 nm.

Kepler yang dijadwalkan akan dirilis tahun 2011 dengan produk pertamanya akan  dipamerkan pada semester dua tahun ini memiliki performa (instruksi/watt) 3 kali lebih tinggi dari Nvidia Fermi saat ini. Kepler akan diproduksi dengan fabrikasi 28 nm.  Berharap saja dengan semakin kecil teknologi silicon yang digunakan semakin kecil panas yang dikeluarkan dan watt yang diperlukan

Selain Kepler, Nvidia dua tahun sesudahnya (2013) akan merilis GPU terbaru dengan kode “Maxwell”.  Berbeda dengan Kepler, Maxwell memiliki performa (instruksi/watt) 8 kali lebih tinggi dari Nvidia Fermi saat ini.  Wajar karena fabrikasi yang digunakan adalah 22 nm.  Sebuah pencapaian yang luar biasa, dimana teknologi antara GPU dan CPU saat ini lebih mengarah ke proses teknologi yang digunakan.

Saat ini, fermi khususnya keluarga 470 da 480 memang terkenal akan boros dan panas yang dihasilkan.  Untuk itu mengutip dari CEO Nvidia, Huang “Diharapkan dengan peralihan fabrikasi ini masalah-masalah pada Fermi dan kendala komputasi pararel dapat diperbaiki lebih lanjut”.

Namun sekali lagi bagi saya sangat disayangkan bahwa Nvidia mengambil nama-nama ilmuwan dunia dalam memperkenalkan teknologi baru mereka.  Apakah ini sebuah prestasi atau celaan untuk Nvidia, kita buktikan saja nanti.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s