Beranda > Tutorial > [Tutorial] Instructions Using Swype in Your Nokia Handset

[Tutorial] Instructions Using Swype in Your Nokia Handset

Kabar gembira ini tentunya berlaku bagi Anda pengguna Nokia Symbian versi ke lima, like; N97 (original dan mini), NX6, N5230, N5800, and C6-00 mulai 1 September 2010. Program ini sebenarnya tambahan dari metode input teks yang telah tersedia di OS berbasis S60v5 sebelumnya, seperti handwriting, miniqwerty, fullscreenqwerty, dan aplahanumeric.

Saat ini program tersebut masih bersifat beta dan untungnya dapat di unduh secara gratis. Cara kerjanya pun langsung masuk ke metode input Symbian untuk memastikan integrasi dengan setiap aplikasi pada perangkat. Cara yang digunakan juga lebih cepat dan mudah untuk input teks pada layar manapun. Hanya dengan gerakan satu jari atau stylus di layar yang kemudian digerakkan terus-menerus, Anda sudah bisa menuliskan kata yang dimaksudkan. Sekedar tambahan, awalnya metode ini telah diterapkan di OS windows mobile di OmniaII lalu di lanjutkan di semua smatphone berbasiskan OS Android.

Oh, my bad. Program yang sejenis ini tidak hanya swype saja. Masih ada program lainnya seperti slideIT dan shapewriter. Hanya saja sudah saya coba download lewat ovi, gagal terus… Dari pada berpanjang lebar, langsung saja download swype di alamat:

http://betalabs.nokia.com/apps/swype-for-symbian/more_info

Catatan:

Besar file installer 3,54 MB dengan format sisx dengan extract file setelah selesai di install mencapai 10,5MB. Jd klo phone memory terbatas cukup di intall di memory card Anda.

Klo gak bisa download berarti Anda belum sign in, coba sign in dulu ke akun Nokia/ovi Anda. O iya klo download lewat hp secara langsung dipastikan akan gagal terus, akan berhasil bila di coba lewat pc. Gak tau kenapa bisa kyk gitu…

Setelah itu kopi filenya ke memory henpon Anda. Ikuti pentunjuk peng-install-an. Habis itu restart henpon Anda biar berfungsi dengan lancar.

Enjoy, latihlah tangan dan pikiran Anda agar terbiasa.

Berikut ss-nya yang saya dapet:

Simbol swype ditunjukkan pada gambar sebelah kanan posisi pojok kiri bawah.

Masalah setelah instalasi:

1. Saya sudah menginstal aplikasi tapi kok gak muncul lambang swype di layar?
Jawab: coba setelah instalasi di restart hapenya, lalu di cek ulang lagi dalam mode miniqwerty atau fullscreenqwerty, bukan dalam mode yang lain!.

2. Udah di restast ulang tapi tetep gak muncul lambang swypenya?
Jawab: Saat ini swype baru tersedia dalam empat bahasa (english, spanyol, portugis and french). Kemungkinan bila setelah di restart belum muncul lambang skype, berarti setinggan hape Anda di luar setinggan 4 negara di atas. Coba masuk ke settings|phone setttings|languange|writing language|pilih english. Lalu cek ulang.


Cara pemakaiannya:

1. Paling-paling dasar sekali

Intinya cukup menggeser jari Anda saja di atas layar sentuh. Contoh: Bagaimana menuliskan “Indonesia”. Perhatikan ss berikut:

Bila diperhatikan alur garis hijau selalu tepat jatuh di huruf penyusun kata I-n-d-o-n-e-s-i-a.

Gimana klo dua kata. Contoh: Bagaimana menuliskan “Indonesia jakarta”. Perhatikan ss berikut:

Sama dengan tahapan sebelumnya, hanya saja ketika selesai menggeser sampai huruf a dari kata terakhit Indonesia. Angkat jari anda, lalu beralih ke huruf j, untuk menuliskan kata j-a-k-a-r-t-a.

Cukup mudah buka? O, iya catatan, penggeseran jari/stylus harus tepat di key yang di tuju ya, bila tidak akan salah hasilnya. So, pakailah perasaan Anda ketika menggerakkan.🙂

2. Nah gimana klo ada huruf dobel dalam satu kata?
Kita ambil contoh kata “ferry”, dimana huruf r-nya adalah dobel. Caranya, setelah menggeser sampai huruf e, Anda buat lingkaran memutar di huruf r lalu dilanjutkan menuju huruf y. Mau berapa putaran terserah Anda, Mudah bukan? Perhatikan ss dibawah:

Catatan, tidak semua huruf dobel dapat diterapkan teknik seperti itu, sebagai contoh huruf w. Bila Anda memutar di key w, akan muncul kata “www”. Hal ini disebabkan karena program menganalogikan putaran berulang di key w selalu terkait dengan maksud kata yang sering di gunakan, yaitu, world wide web (www). Jadi klo mau nulis ww saja, ya cukup di ketik huruf w dua kali saja.

3. Kok saya klo nulis kata dalam indonesia selalu aneh hasilnya?
Hal ini terkait dengan settingan bahasa di hape yang Anda gunakan. Di sini kita memakai setinggan Bahasa Inggris, jadi maksud hati ingin menuliskan kata dalam bahasa indonesia, yang muncul malah ’perkiraan’ kata tersebut dalam Bahasa Inggris. Tapi hal tersebut bisa di akali, caranya sbb: Contoh, saya pengen nulis kata” hujan” tapi kok malah muncul “human”. Wajar, karena settinga dalam Bahasa Inggris. Solusinya: Coba anda ketik (tap) satu persatu huruf penyusun hujan setelah itu di akhiri dengan menekan spasi. Lalu coba Anda ulangi dengan menggeser kata hujan, apakah muncul human lagi?

Jadi ketika Anda lebih prefer menuliskan dalam Bahasa Indonesia dan program belum mempunyai kemampuan untuk mengenali kata dengan baik, coba Anda ketik huruf satu persatu diakhiri dengan spasi, nantinya ketikan kata hasil anda akan tersimpan secara default oleh program untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan di waktu mendatang.

4. Gimana cara menghapus hasil kata yang tidak diinginkan.
Misal kita pakai contoh di atas lagi, ingin nulis kata “human” tapi malah muncul kata “hujan”. Itu wajar, karena sebelumnya Anda menyimpan kata “hujan” sebagai kata default dalam program. Caranya sbb: geser jari anda menelusuri kata “hujan” tidak apa-apa bila hasil akhirnya muncul kata “human”. Coba kata “human” ini kita blok (istilahnya di highlight). Setelah itu pencet simbol swype. Nantinya akan muncul konfirmasi apakah anda ingin menghapus setingan kata hujan atau tidak, Anda pilih tidak. Maka ketika menelusri kata “human” sekali lagi akan tertulis “human” lagi bukan “hujan”.

5. Gimana klo ada campuran huruf dengan angka dan atau simbol.
Semisal alamat email ty@yu1.com. Klo menerapkan cara nomor 3 akan gagal total, karena cara 3 berlaku untuk antar kata saja, bukan untuk campuran huruf dengan simbol dan atau angka. Cara mengakalinya sbb: coba Anda ketik satu persatu huruf penyusun ty@yu1.com, lalu kata tersebut Anda bolt (di highlight), setelah itu pencet simbol swype. Coba anda ulangi lagi dengan menggeser katatersebut sekali lagi apakah muncul kata ty@yu1.com secara langsung?

Kayaknya itu dulu aja, info + petunjuk pemakain dari saya, semoga berguna. Klo ada tips menarik lainnya bisa berbagi di sini.

Sekian dan terima kasih

  1. September 8, 2010 pukul 8:06 am

    tenkyu bro,wah pandainya kamu bro,slalu lancar ya bro?

  2. twinhammer
    September 8, 2010 pukul 3:46 pm

    Sama-sama juga bro,, hehehe…😀
    Tks udah berkunjung di esupriyadi@wordpress.com

    Ditunggu kunjungan baliknya, ntar tak suguhi trik menarik lainnya

  3. abhe
    Oktober 23, 2010 pukul 10:13 am

    mantap bro..
    moga ntar swype bisa support bhsa indo biar lebih enak

    • twinhammer
      November 5, 2010 pukul 11:11 am

      Semoga bro, Coz peminat Nokia di Indonesia cukup besar.
      Semoga ada tanggapan dari Nokianya

  4. whiee_wiee
    November 3, 2010 pukul 11:09 am

    terimah kasih banyak……………………………………….

    :))

    • twinhammer
      November 5, 2010 pukul 11:12 am

      sama². Semoga info ini berguna untuk yang lainnya juga

  5. Oktober 2, 2014 pukul 11:41 pm

    Awespme site you have here but I was wanting to know if youu knew
    of any forums that covfer the same toppics talked about here?
    I’d really love to be a pat of group where I can get responses from
    othdr knowledgeable individuals that share the same interest.
    If you have any recommendations, please let me know.
    Appreciate it!

  6. Oktober 5, 2014 pukul 5:09 pm

    I am ɑ reader of thiѕ unique blog for awhile and it is аlways worth a read.
    ӏ hope to read mօre posts like your previous one.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s