Beranda > Test Produk > [Test] GIGABYTE GTX 470- Si ‘Junior’ Fermi yang Tampil Minimalis

[Test] GIGABYTE GTX 470- Si ‘Junior’ Fermi yang Tampil Minimalis

Saat ini tidak semua pecinta game mampu membeli kartu grafis kelas atas keluaran terbaru. Disamping harganya yang masih tergolong mahal, penggunaan teknologi pada kartu grafis yang cepat usang menjadikan faktor tersendiri bagi konsumen untuk membelinya. Selain itu, kartu grafis kelas atas biasanya identik dengan panas, bising, dan boros listrik sehingga kerap sekali mengganggu penggunanya dalam bekerja. Hal ini dapat dimaklumi, mengingat kinerja yang dihasilkan setara dengan pengguna peroleh. Bagi konsumen yang menginginkan kartu grafis kelas atas keluaran terbaru dengan harga cukup terjangkau kali ini Gigabyte mengeluarkan kartu grafis terbaru buatan Nvidia yang dirasakan tidak terlalu mahal untuk segmen pasar kelas menengah, yaitu GTX 470.

Dibekali dengan Chip terbaru GF 100 membuat kartu grafis ini menempati posisi tertinggi untuk keluarga Fermi dalam kategori kinerja terbaik saat ini. GTX 470 merupakan versi murah dari GTX 480, bedanya pada GTX 470 dipatok kecepatan core, memory, dan shader yang lebih rendah dari GTX 480. Sehingga GTX 470 dapat dijual lebih murah dibandingkan GTX 480.

Gigabyte GTX 470 kali ini dimotori oleh Chip GF 100 dengan 448 core prosesor (CUDA), memory jenis GDDR5 berkapasitas 1280 MB dan interface memory 320 bit. Salah satu pencapaian yang luar biasa mengingat sebelumnya Nvidia hanya menggunakan memory jenis GDDR3 dengan kapasitas memory tidak pernah mencapai diatas 1024 MB. Kecepatan core, memory, dan shader masing-masing dipatok pada nilai 608 MHz, 837 MHz (3.348 MHz efektif), dan 1.215 MHz. Kecepatan core, memory, dan shader tersebut merupakan kecepatan standar yang ditetapkan oleh Nvidia untuk GTX 470. Namun dengan spesifikasi yang sudah sedemikian tinggi ini dijamin pengguna dipuaskan dalam mengolah kalkulasi grafis saat bermain game maupun pada aplikasi lainnya yang membutuhkan bantuan pengolahan dari GPU.

Walaupun memiliki spesifikasi yang tinggi, produk ini segera menurunkan kecepatan core, memory, dan shader saat tidak memerlukan pengolahan grafis berat. Tercatat kecepatan core, memory, dan shader yang dihasilkan masing-masing sebesar 50,5 MHz, 67,5 MHz, dan 101 MHz. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakan produk ini pada modus 2D, karena selain mengurangi suhu yang dihasilkan, putaran fan yang dihasilkan pun semakin mengecil sehingga mampu mengurangi daya listrik terpakai.

Dalam penjualannya, Gigabyte memberikan paket penjualan yang tergolong minimalis meski teknologi yang digunakan merupakan yang tertinggi dari Nvidia. Hanya beberapa software aplikasi saja yang di ikut sertakan dalam penjualannya. Dengan demikian, Gigabyte dapat menawarkan produknya dengan harga lebih murah dan mampu bersaing dengan produsen lain yang menggunakan chip sejenis.

Kesimpulan: Kartu grafis ini masih berjalan pada kecepatan core dan memory standar. Sehingga kinerja yang dihasilkan tidak terlalu istimewa. Namun bagi yang menginginkan kartu grafis terbaru dari Nvidia dengan harga murah, produk dari Gigabyte ini dapat menjadi salah satu alternatif.

Berikut Hasil Bencmark yang telah saya lakukan

chapter1

Dan berikut spesifikasi teknisnya:

Produsen           : Gigabyte

Distributor        : PT. Nusantara Eradata

Harga               : $ 420

Spesifikasi GeForce GTX 470
Proses Pabrikasi 40 nm
Stream Processor (CUDA) 448
Frekuensi (Core) 607 MHz
Frekuensi (SPs) 1,215 MHz
Texture Units 53
ROPs 40
Jumlah Transistor 3,2 Miliar
Memory 1,280 MB (GDDR5)
Memory Frequency 837 MHz (Efektif 3,348 MHz)
Memory Interface 320 Bit
Memory Bandwith 134 GB/s
Connnection 2*dual link DVI, 1*mini-HDMI, 2*SLI
Power Input 2*6 pin PCI-E
Idle Board Power n/a
Max. Board Power 215 W
Recomendasi PSU 550 W
DirectX Support 11
Shader Model 5.0
Perlengkapan Buku manual, DVI to Analog, Konverter kabel HDMI mini, Konverter kabel 6 pin 2 buah, CD Driver dan Aplikasi Nvidia

Nah, agar blog ini terus hidup dibutuhkan pendapat dari temen2 sekalian dengan cara mengirimkan komentar atau mengisi polling berikut ini:

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s