Beranda > Test Produk > [Test] LCD LG 2243T

[Test] LCD LG 2243T

Spesifikasi :

^^Cukup OK-kan fiturnya??

LCD Pertama saya, dibeli dari hasil usaha kerja keras saya sendiri. Sebelum ini masih pake LG CRT Studio Work 14” yang waktu itu dibeliin ama nyokap karena bisa naik ke kelas 3 SMA. Biar begitu yang namanya elektronik tetap saja elektronik. Monitor saya akhirnya menutup layar selamanya setelah dipakai 5 tahun lamanya untuk menemani saya mengerjakan berbagai tugas nonton film dan tentunya main game.


Dibeli di Dusit M2M via telepon seharga Rp. 2.050.000 plus ongkir Rp. 40.000 saya genapin bayarnya jadi Rp. 2.100.000. Tunggu ditunggu eeehhh akhirnya ada suara motor berhenti di depan rumah pas jam 19:00. Ternyata mas-mas yang nganterin pesenan monitor LCD LG, saya suruh masuk masnya, suguhin minum & cemilan, minta suruh dipasangin di kompie, uji coba sendiri, selesai dicoba ±30 menit, puas ga ada dead, stuck pixel or masalah lainnya, akhirnya deal dehh keluarlah mahar yg udah disepakatin…Harga tersebut menurut saya sudah cukup murah bila dibandingkan dengan toko maupun merk kompetitor lainnya. Selain itu saya tidak usah repot-repot keluar untuk membeli dan juga mengurangi resiko rusaknya barang selama perjalanan.

Setelah LCD terpasang dengan baik, saya baca-baca dulu manual petunjuknya, yang paling penting dari LCD ini adalah 6 tombol fungsi panel kendali, terletak di kanan bawah LCD. Berurutan kiri ke kanan adalah tombol fun, menu, f-engine, source, Auto/set, dan tombol listrik. Baik sekarang saya jelaskan fungsi masing-masing tombol tersebut.

1. Tombol fun

Mencet tombol ini Anda akan disuguhkan dua pilihan, pertama 4:3 IN WIDE, apa itu yaaa??? Yaitu modus yang dipakai untuk memilih ukuran gambar layar:

-Wide (lebar), yaitu pindah ke mode layar penuh berdasarkan sinyal gambar input

-4:3, yaitu mengubah rasio sinyal gambar input menjadi 4:3

2. Photo effect yang terdiri dari 4 submenu:

– NORMAL, Fungsi Efek Foto dinonaktifkan.

– GAUSSIAN BLUR (Kabur Gaussian), Pilihan ini untuk menambahkan efek ke layar agar gambar gelap dan tajam menjadi terang dan agak kabur.

– SEPIA, Pilihan ini mengubah layar ke nada Sepia. Bagi yang belum tahu nada sepia adalah nada warna cokelat.

– MONOCHROME (Monokrom), Pilihan ini mengubah layar ke nada Abu. Tampilan layar dalam warna putih, hitam, abu.

3. Tombol Menu

Terdiri dari Picture, Color, Tracking, and Setup. Fungsinya sama dengan monitor pada layar komputer pada umumnya.

4. Tombol Menu

Terdiri dari Picture, Color, Tracking, and Setup. Fungsinya sama dengan monitor pada layar komputer pada umumnya.

5. Tombol f-engine

Disinilah letak ciri khas LCD LG, terdiri dari 5 submenu: User, Normal, Demo, Movie, and Internet

-Movie and Internet, Fitur ini mempermudah memilih kondisi gambar terbaik yang disesuaikan dengan keadaan sekitarnya (penyebaran cahaya, jenis gambar dan lainnya). Movie, kualitas gambar terbaik untuk menonton video, sedang internet untuk kualitas terbaik dalam pencitraan teks.

-User, di fitur ini Anda bisa menyetel secara manual ACE (Adaptive Clarity Enhancer, mode jernih) atau RCM (Real Color Management, mode warna). Nilai ACE atau RCM ini dapat disimpan atau dipulihkan dengan nilai yang sesuai, bahkan saat menggunakan pengaturan lingkungan yang berbeda.

-Demo, Digunakan bila layar digunakan sebagai layar untuk iklan kepada konsumen di toko. Pengaturannya sama dengan mode movie dan layar akan terbagi dua (keren kan).

-Normal, Hal ini dilakukan di bawah kondisi pengoperasian normal. Jadi mode normal saat-saat dimana fungsi f-ENGINE dinonaktifkan.

4. Tombol listrik, semua udah pasti tau, gunanya untuk menyalakan dan mengkidupkan layar bila semua kabel penghubung telah tersambung dengan baik. Sebagai catatan, agar layar yang digunakan berumur panjang, jangan seringkali memati-hidupkan tombol listrik dalam waktu yang sebentar. Selain itu lampu fluoresen dari tombol listrik yang digunakan mengandung sejumlah kecil merkuri.

Puas bermain-main dengan tombol panel kendali sekarang saya mencoba melakukan setinggan kepada resolusinya. Diperoleh resolusi layar yang tersedia antara lain: 800*600p, 1024*768p, 1152*864p, 1280*1024p, 1600*900p, 1680*1050p, 1920*1080p. Untuk resolusi terbaik pilih 1920*1080p karena LCD ini secara native sudah mendukung format full HD, pernah saya mencoba resolusi dibawahnya tetapi hasilnya kurang pas di mata saya, karena ada beberapa tulisan dan gambar (mode dekstop) yang terasa kabur (tidak proporsional). Untuk bermain beberapa game (seperti GRAW2, DiRT2, MW2) resolusi 1920*1080p sangat nyaman sekali dimata, bisa betah 6 jam sendiri di depan layar… Tapi pas main CRYSIS, ya ampun… pengen muntah rasanya,,,kepala pusing,,,mata sakit,,, masa’ fpsnya merosot habis sampe 15-an dengan settingan high. Terpaksa klo mau nyaman main, resolusi diturunin ampe 1024*768p. Padahal nih game keluaran tahun 2007, tapi masih bisa buat VGA keluaran masa kini kehilangan taringnya.

Tidak lupa juga saya memberikan stress pada LCD memakai software IsMyLcdOK dan DPT, sekaligus untuk mengecek ulang apakah ada dead, lazy, dan stuck pixel. Alhasil, selamat, tidak ada satupun pixel yang bermasalah. O iya sebelum saya menutup tulisan ini kurirnya pernah bilang klo dalam pemakaian normal LCD rusak sebelum satu tahun pertama pembelian bisa di ganti baru dari distonya langsung… cihuyy…

Kelebihan LCD ini menurut saya:

1. Layar lebar, Full HD

2. Proporsi warna yg dihasilkan pas buat mata, tidak perih & pedas, pokoknya nyaman deh,,,

3. Watt-nya tergolong kecil cuman 40 W (mode on) and 1 W (mode sleep and off), lumayan tagihan listrik lebih ringan

4. Mendukung Protokol Display Power Management Signalling (DPMS), yaitu monitor dapat menghemat energi secara signifikan dengan mengurangi konsumsi daya saat sedang tidak beroperasi. Tentunya fitur ini akan berjalan bila terhubung dengan komputer yang memiliki fitur hemat energi

5. Layout luarnya terlihat seperti LCD kelas atas

Kekurangannya:

1. Tidak pure 22” (tapi ga pa2 lah, Cuma beda setengah inch doang)

2. Belum support HDMI, Padahal vganya udah ada colokan HDMInya…

3. Dari buku paduannya, tertulis bahwa “lampu fluoresen (berwarna merah) yang digunakan dalam produk ini mengandung sejumlah kecil merkuri”

Kesimpulan:

>Saat ini harga LCD komputer sudah sangat terjangkau, tidak seperti 5 tahun lalu yang harganya masih melangit. LCD LG 2243T dapat menjadi pilihan bagi yang mencari kesempurnaan dalam harga dan kualitas. Pastikan juga untuk hasil yang optimal memory VGA Anda minimal 512 MB (recomended 1024 MB). Walaupun tidak pure 22” (hanya 21.5”) namun secara keseluruhan saya cukup puas dengan fungsi tambahan, tampilan gambar dan sisi ergonomisnya. Pokoknya kualitas oke punyalah.

Berikut Galerinya:

Maaf ya gambarnya agak blur, pake kamera hp soalnya ^.^v

Kategori:Test Produk
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s