Beranda > Aktual > LIPI Segera Merilis Database Jurnal Online

LIPI Segera Merilis Database Jurnal Online

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Departemen Pendidikan Nasional hari ini meluncurkan “Indonesian Scientific Journal Database”. Database jurnal tersebut tersedia online, berbentuk website. Anda bisa mencari melalui judul artikel, subjek, pengarang, penerbit, dan berdasarkan nama jurnal. Saat ini, database jurnal ini masih dapat diakses secara gratis. Namun, dengan seiringnya pengembangan website ini, Anda harus menjadi member untuk membaca jurnal yang ada di database ini.

Hingga bulan Juli 2009, tercatat 7000 jurnal ilmiah yang diserahkan dan diserahkan ke PDII-LIPI untuk didesminasikan. Dari sekian banyak jurnal yang ada, ternyata hanya ada 1500 jurnal yang masih hidup. Dari 1500 jurnal tersebut, baru ada sekitar 400 jurnal yang telah diakreditasi (sekedar catatan, jurnal-jurnal yang dapat dibaca pada website adalah jurnal yang telah diakreditasi). Namun, pihak LIPI berjanji akan terus mengupdate dan mengembangkan database ini.

Website ini tampil tidak hanya sebagai media database atau sebagai tempat seseorang mencari jurnal. Bagi penulis yang ingin jurnalnya diakreditasi, dapat mengirimkan jurnalnya untuk diakreditasi secara online.

Perwakilan dari LIPI masih mengakui kalau sistem mereka masih sangat dasar sekali. Untuk terus mengembangkan sistem database ini, mereka terus bekerjasama dengan perwakilan universitas-universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia, UNAIR, ITB, dan masih banyak lagi.

Para pengembang di LIPI juga mengharapkan, dengan adanya website ini, para peneliti, akademisi, industry, dan masyarakat umum di Indonesia, maupun di tingkat internasional tidak kesulitan lagi dalam mencari dan membaca jurnal.

Untuk mengunjungi website “Indonesian Scientific Journal Database”, silahkan ketik http://jurnal.pdii.lipi.go.id

Sumber: jurnal.pdii.lipi.go.id

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s