Beranda > Asah Otak, Ada yang Bisa? > Pembagian Siswa dan Komputer

Pembagian Siswa dan Komputer

Nih ada pertanyaan mudah, tapi butuh kreatifitas dalam berfikir!

Dalam suatu ruang laboratorium terdapat sejumlah komputer. Jika 1 komputer digunakan oleh 3 siswa maka ada 3 komputer yang tidak digunakan. Jika 1 komputer digunakan oleh 2 siswa maka ada 3 siswa yang tidak memakai komputer. Jumlah komputer dan siswa di ruang tersebut ada berapa …

cb dikerjakan dulu Sebelum melihat jwbnnya —->

Misalkan banyaknya komputer nk dan siswa ns

Kondisi I (1 kompie bwt 3 siswa sisa 3 kompie)

Biar lebih mudah dibuat permisalan ini dulu: Andaikan tiap komputer pas terisi 3 siswa, model mtk-nya menjadi 3nk = ns

Klo tersisa 3 kompie maka ditulis 3(nk – 3) = ns

Kondisi II (1 kompie bwt 2 siswa sisa 2 siswa)

Untuk kondisi ke II logikanya lbh mudah ketimbang kondisi I, karena banyaknya siswa tidak lain dan tidak bukan adalah

ns = 2nk + 2

Samakan ns dari kondisi I dan kondisi II, didapat nk = 11 komputer dan ns = 24 siswa.

Sehingga jumlah siswa dan komputer yang ada adalah 11 + 24 = 35

Mudah bukan🙂

  1. Oktober 19, 2009 pukul 11:00 am

    Ini asli benneran… hheeehehhee..!!! terima kasih mas udah mampir di blog aku, dan kalo bisa sering2 mampir yah… heheh..😀

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

    • twinhammer
      Oktober 19, 2009 pukul 11:35 am

      oke diterima. tks

  2. 1
    September 17, 2015 pukul 6:43 am

    Jika 1 komputer digunakan oleh 2 siswa maka ada 3 siswa yang tidak memakai komputer. Jumlah komputer dan siswa di ruang tersebut ada berapa …

    Kondisi II (1 kompie bwt 2 siswa sisa 2 siswa)
    Untuk kondisi ke II logikanya lbh mudah ketimbang kondisi I, karena banyaknya siswa tidak lain dan tidak bukan adalah

    kontra!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s