Beranda > Santai Sejenak > Berhutang pada Al-Kindi dan Al-Biruni

Berhutang pada Al-Kindi dan Al-Biruni

iot_alkindiAl-Kindi dan Al-Biruni dinilai memiliki jasa bagi perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknik.  Termasuk teknik pembangunan bendungan dan bangunan-bangunan megah lainnya.  Al-Kindi bernama lengkap Abu Yusuf Yaqub ibn Ishaq al-Sabbah Al-Kindi.

Al-Kindi merupakan ahli matematika dan fisika.  Ia lahir pada tahun 801 dan meninggal pada tahun 873.  Selain bisa berbahasa Arab, ia juga fasih berbahsa Yunani.  Dia telah menerjemahkan banyak karya para filsuf Yunani, baik karya Aristoteles maupun Plotinus.

Geometri, Fisika, Meteorologi,Psikologi, astronomi, astrologi, aritmatika, dan musik dikuasai Al-Kindi.  Ia mengumpulan pula bebagai karya filsafat secara ensiklopedis.  Seabad kemudian, diselesaikan oleh Ibnu Sina.  Sedikitnya, Al-Kindi menulis 250 buku.

Sebagian besar bukunya adalah ilmu geometri, sebanyak 32 b uku.  Geometri dan fisika yang dikuasai Al-Kindi, sangat penting dan bermanfaat untuk mendirikan sebuah bangunan, seperti gedung besar, irigasi, jembatan, maupun rumah.

img5Selain itu, Al-Kindi juga menulis tentang filsafat sebanyak 22 buku, logika sembilan buku, dan fisika sebanyak 12 buku.  Sementara itu, Abu Raihan Al-Biruni, yang sering disebut Al-Biruni, merupakan seorang ahli matematika dari Persia.

Selain itu, Al-Biruni juga mahir dalam bidang astronomi, fisika, ensiklopedia, filsafat, sejarah, serta farmasi.  Sumbangan terbesar dari pemikirannya adalah di bidang matematika, filsafat, dan obat-obatan.

Al-Biruni dilahirkan di Khawarazmi, Turkmenistan atau Khiva di kawasan Danau Aral di Asia Tengah.  Pada masa itu, wilayah tersebut terletak di wilayah kekaisaran Persia.  Dia belajar matematika dan pengkajian dari Abu Nashr Mansur.

Al-Biruni juga merupakan teman filsuf dan ahli obat-obatan Abu Ali Al-Hussain Ibn Abdallah Ibn Sina atau Ibnu Sina.  Selain itu, ia juga pernah mengembara ke India dengan Mahmud dari Ghazni untuk mempelajari bahasa, falsafah, dan agama mereka serta menulis buku mengenainya.  Beberapa pemikirannya yang penting bagi pembangunan baik bendungan maupun irigasi adalah geometri, sudut segitiga, dan teoroma Archimedes.

Sumber:

Harian Umum Republika 14 Oct 2009

ficsu.org

reflectionsonscience.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s